#OPSEM28 Itu…

Minggu (28/11) kemarin, akhirnya saya dapat ikut  berpartisipasi dalam acara yang diadakan oleh Operasi Semut. Setelah sukses dengan #OpsemPerdana dan #OpsemGunung nya, kali ini Operasi Semut kembali dengan #Opsem28 nya.

#Opsem28 sendiri merupakan kegiatan dari launching program #BeraniMengubah nya Coca Cola Indonesia. Angka 28 diambil dari tanggal berlangsungnya kegiatan tersebut. Dan secara kebetulan, 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Berlokasi di Jalan Blora, Jakarta Pusat, 40 prajurit semut hadir untuk meramaikan acara tersebut. 40 prajurit ini nantinya akan bergabung dengan peserta lain untuk memungut sampah-sampah yang ada di kawasan Bundaran HI.

Tau sendirilah ya, kalau hari Minggu itu, di Bundaran HI tumpah-ruah orang-orang melakukan kegiatan semacam olah raga. Dan, sudah bisa dipastikan akan banyak ditemukan sampah-sampah di lokasi itu.

Dalam acara launching #BeraniMengubah Coca Cola ini, juga hadir pasukan-pasukan yang dibawa oleh team dari Smile For The Future.

#BeraniMengubah itu sendiri adalah program dari Coca Cola Indonesia yang membantu mewujudkan ide-ide pemuda Indonesia dalam melakukan perubahan yang lebih baik.

BERANI MENGUBAH …

PERUBAHAN BESAR BERAWAL DARI SATU PEMUDA !!

Nah, Operasi Semut (ide brilian yang tercetus dari seorang @umenumen) ini adalah salah satu pemenang dari program #BeraniMengubah nya Coca Cola Indonesia tahun 2011.

***

Tepat pukul 06:00 WIB, para prajurit semut yang sudah hadir melakukan daftar ulang. Sebelum acara pemungutan sampah secara massal nya berlangsung, dilakukanlah briefing yang dipimpin oleh si sang Raja Semut, @umenumen. Dan tidak lupa dibagikan tas yang berisi kantong plastik, sarung tangan plastik dan juga kaos berwarna merah.

Kaos Operasi Semut

Setelah semua pasukan berkumpul, baik dari prajurit Semutnya, maupun dari tim lainnya, akhirnya acara memungut sampahnya pun dimulai.

Pasukan Siap Beraksi !

Ngga malu Dit mungutin sampah di Bundaran HI? Kan, dilihatin banyak orang!

Malu? Hmmm.. Jujur, iya. Tapi, sedikit. Rasa malu itu hilang ketika saya melihat semangat yang ditunjukan oleh teman-teman lainnya. Peduli amat dengan apa yang orang ucapkan. Mereka ngga kenal saya, saya pun ngga kenal sama mereka. Kalau pun kenal, pasti saya tarik untuk membantu saya. Hahaha 😆

Tahu tidak, ketika saya memunguti sampah-sampah di Bundaran HI, keringatan yang ngucur dari tubuh saya seperti orang yang habis ikutan lari maraton, lho. Asik parah!

Memang sih, dari lokasi acara ke Bundaran HI tidak telampau jauh. Tapi, memunguti sampah yang ada disetiap sudut jalan itu benar-benar membuat tubuh bergerak.

Eaa .. Numpang Narsis!

Ternyata benar ya, sebagian kecil masyarakat Jakarta itu masih punya hati. Buktinya saja ketika saya memunguti sampah-sampah yang ada di Bundaran HI. Tidak sedikit dari mereka yang sedang asik duduk-duduk di situ ikut membantu saya memunguti sampah dan memasukannya ke dalam kantong plastik yang saya bawa. 🙂

***

Setelah 1 jam lamanya memunguti sampah di Bundaran HI –dan dirasa (cukup) bersih– prajurit semut dan personel lainnya balik lagi ke tempat semula.

Eittttsss… Acara belum selesai. Walaupun memunguti hati sampahnya telah selesai, acara seru lainnya masih menanti.

Hari itu, ada Project Pop dan Kojek Rep Betawi yang ikut memeriahkan acara. Mereka tampil di panggung #BeraniMengubah nya Coca Cola.

Sebelum menyaksikan aksi panggungnya Tika Panggabean CS, para prajurit menyaksikan penampilan dari Kojek Rep Betawi. Sekedar informasi, Kojek Rep Betawi ini juga salah satu pemenang dari program #BeraniMengubah nya Coca Cola.

Kojek Rep Betawi

Kalau saya tidak salah dengar, ide mereka adalah mengajari anak-anak jalanan untuk membuat lagu anak-anak dengan gaya nge-rap gitu.

Selesai mereka tampil, tiba-tiba saja kami semua dikejutkan oleh 3 orang penyanyi yang menyanyikan lagu Nasional Indonesia. Selepas mereka nyanyi, lagi-lagi kami dikejutkan oleh atraksi Perkusi dari sanggar yang saya lupa namanya. 😆

Atraksi Perkusi

Selesai kejutannya? Ish, belum! Kejutannya masih ada lagi.

Penampilan selanjutnya datang dari dancer-dancer muda. Dancer yang tidak saya ketahui berasal dari sanggar mana ini menampilkan beberapa gerakan.

Mereka yang terbagi dari beberapa kelompok, ada yang memperagakan gerakan seolah-olah mereka sedang terjebak macet di jalanan Ibu Kota. Di kelompok lain, ada yang memperagakan gerakan seolah-olah mereka adalah pembersih jalanan. Dan, dikelompok lain terselip masing-masing pemenang dari #BeraniMengubah nya Coca Cola tahun 2011 untuk membacakan isi dari teks Sumpah Pemuda. Tentu ada @umenumen di dalamnya.

Diakhir pertunjukan, ternyata ada flashmob nya jugaaaaa. Arrrrggghhhhhh… SERU! Walaupun banyak yang tidak bisa mengikuti gerakannya, tidak menyurutkan semangat untuk tetap goyang semampunya. 😆

AHA! Yang ditunggu akhirnya datang juga. Merekalah Project Pop. Grup konyol dari Bandung ini berhasil membuat semua yang hadir ikut bernyanyi bersama dan jejingkrakan.

Beberapa tembang hits mereka bawakan. Diantaranya Dangdut Is The Music Of My Country dan Metal VS Dugem.

Memang pada dasarnya mereka ini musisi konyol, ada saja ulah mereka. Tiba-tiba saja mereka mengajak yang hadir untuk ber-gangnamstyle.

Yang paling mengharukan adalah ketika Project Pop membawakan lagu kebangsaan Indonesia dan lagu mereka sendiri berjudul Indovers. Coba deh, kamu cari di youtube dan dengarkan. Liriknya ngena banget!

Paling seru sih, ketika mereka turun panggung dan masuk ditengah-tengah kerumunan orang. Itu seru abis. Apalagi lagu yang mereka bawakan adalah lagu yang berjudul “Ingatlah Hari Ini”. Saya beberapa kali disodorin mic oleh mereka, jadinya berasa karaoke. 😆

Project Pop Beraksi !

***

Secara keseluruhan acara yang digagas oleh Coca Cola hari itu sangat menyenangkan.  Salut juga untuk @umenumen yang telah melahirkan ide ini.

Sebelum pulang, kami semua menyempatkan diri untuk foto-foto. Horeeeeee! Apalah artinya sebuah kegiatan tanpa foto-foto :p

Raja Semut dan Prajurit Semut

Raja Semut dan Prajurit Semut

Semoga dengan adanya kegiatan ini, membuka mata masyarakat Indonesia untuk lebih perduli terhadap lingkungan. Sampah sekecil apapun ukurannya, kalau bisa dibuanglah ke tempatnya.

Baru di sekitar Bundaran HI saja, entah berapa berat sampah yang berhasil kami pungut Minggu kemarin. Yang pasti banyak!

Sebelum mengajak orang lain untuk sadar akan lingkungan, sadarkan saja diri kita terlebih dulu. Mulai beraksi, jangan hanya sekedar janji dan wacana.

Tidak butuh omongan, tapi butuh bukti.

Mau dong melihat negara ini seperti negara-negara maju dan bersih lainnya.

Makanya itu .. Yuk, peduli lingkungan.

***

Buat kamu yang ingin bergabung bersama Operasi Semut dan ikut dalam setiap event yang diadakannya, buruan follow @OperasiSemut atau like saja facebooknya  Operasisemut.

Ditunggu event berikutnya ya, Mut!

Advertisements

Tagged: , , , , , , ,

17 thoughts on “#OPSEM28 Itu…

  1. Nella October 31, 2012 at 9:03 pm Reply

    Semoga setlah acara Opsem28 akan banyak masyarakat Indonesia yang lebih sadar diri untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bersih itu sehat & bersih itu indah :).

    • Adiitoo November 3, 2012 at 3:05 pm Reply

      Setuju sama Kak Nella. tapi, harus pelan-pelan ya, Kak. 😀

  2. honeylizious November 1, 2012 at 2:45 am Reply

    seneng deh panitia yang bertugas bagian menulis tidak menggunakan ‘merubah’ tapi ‘mengubah’ karena banyak sekali yang keliru dengan menggunakan ‘merubah’ yang artinya menjadi rubah

    • Adiitoo November 3, 2012 at 3:06 pm Reply

      setuju! masih banyak yang salah penulisan “ubah” itu. termasuk aku 😦

  3. Dani November 1, 2012 at 7:49 am Reply

    Seru banget Dit acaranya. dan baru tahu ternyata dirimu memang tinggi banget ya *salahpokus*
    Semoga kwgiatan ini menginspirasi banyak orang ya Diit… 🙂

    • Adiitoo November 3, 2012 at 3:07 pm Reply

      Massss…. Errrr…

      Hahaha .. Amin, Mas 🙂

  4. pety puri November 1, 2012 at 10:56 am Reply

    salut sama seluruh partisipan acara ini 🙂
    semoga memang ke depannya kita semua gak omdo, tapi #beranimengubah, berani beraksi 🙂
    *love Project Pop* heheeee

    • Adiitoo November 3, 2012 at 3:07 pm Reply

      setuju deh sama kamu.. *love*

  5. applausr November 2, 2012 at 5:51 am Reply

    hebat dirimu bisa ikut acara seperti ini… mantap sekali lagi… lain kali kasih tahu dong kalau ada begini begini, mau ikut aku…:)

    • Adiitoo November 3, 2012 at 3:08 pm Reply

      Mas, aku share kali di Twitter. kamunya aja jarang aktif. hahaha..

      Yowes, nanti kalau ada acara apa yang kira2 seru, kuhubungi

  6. Alid Abdul November 2, 2012 at 9:39 am Reply

    Yah klo mungutin sampah banyak temennya gitu apalagi seragam ya mana malu, coba klo sendiri ahhaah…
    seru keknya acaranya 🙂

  7. niee November 3, 2012 at 7:50 am Reply

    Acaranya ada di pontianak gak ? >_<

    btw dit.. di blogku lagi ngadain GA loh.. ikutan yuks 😀

    • Adiitoo November 3, 2012 at 3:12 pm Reply

      kata ketuanya, bisa aja Nie. kamu kumpulin orangnya, nanti hubungi si Kak Umen itu. 🙂

  8. Ceritaeka November 5, 2012 at 6:00 am Reply

    Aku sedih gak bisa gabung, belom pernah gabung niiih :(( Huhuhu

    • Adiitoo November 11, 2012 at 3:18 pm Reply

      ayo gabung, Kak.

  9. Zizy Damanik November 12, 2012 at 8:07 am Reply

    Keren deh acara ini Dit….. wom-nya dapet!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: