Di Balik Makanan Khas yang Enak Itu

Lontong sayur Medan, lupis, dan roti jala merupakan panganan wajib yang harus ada di hari-hari besar. Bila makanan itu nggak ada, rasanya seperti ada yang kurang.

Di keluarga saya, jarang sekali beli jadi makanan seperti itu untuk disantap di hari-hari tertentu. Karena memang, di Jakarta ini sangat susah sekali menemukan pedagang yang menjual lontong sayur Medan. Kalau pun ada, pasti nggak lengkap, atau sudah dimodifikasi, dan sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat pada umumnya

Ya, jika memang ada yang serupa, harganya rada tidak manusiawi. Hehehe… Maka itu, daripada beli, mending bikin sendiri.

Lontong Sayur Medan

Roti Jala

 

Lupis

Yah, di atas itu semuanya buatan Mama. Resepnya, turun temurun dari 2 nenek saya. Kalau di rumah sudah ada makanan seperti ini, bye bye deh yang namanya diet.

Yang saya senang ketika menanti makanan itu adalah, ketika melihat Mama sibuk di dapur. Motongin daun-daun pisangnya, marut kelapanya, ngukur berapa banyak berasnya, dan merebusnya. Hahaha..

Cetakan Lontong

Menyusun Cetakan ke Dalam Dandang

Tara. Ini Hasilnya

Itu cara mama membuat lontong khas Medan yang super enak. Dan itu senjata khas mama. Senjata mama itu sudah digunakan dari saya masih duduk di bangku kelas 6SD. Lama banget, kan?

Kalau itu lontong, berikut ini cara mama membuat lupis yang tentunya tak kalah enak. Bahan-bahan yang digunakan pun terjamin mutunya.

Memasukan beras, dan membentuknya menjadi segitiga

Sudah direndam selama 8 jam

 

Untuk membuat roti jalanya tidak butuh waktu lama. Sangat mudah. Modalnya hanya adonan tepung dan pantat panci. Hahahaha… Untuk kari kambingnya, juga meracik sendiri.

Adonan

Sudah jadi

Roti Jala dikuahin kari kambing

Hahaha .. Ini sebenarnya postingan random. Karena foto-foto ini sudah ada di Flickr saya, dan memang dari dulu sudah ingin saya buatkan postingannya, tapi nggak jadi melulu.

Ini makanan favoritku, kalau kalian?

 

Advertisements

Tagged: , , , ,

6 thoughts on “Di Balik Makanan Khas yang Enak Itu

  1. Adiitoo August 30, 2013 at 11:06 am Reply

    *mintak bikinin lagi sama Mama*

  2. Nella August 30, 2013 at 4:49 pm Reply

    Dit, foto 1 yg warna coklat itu nangka?.
    Ooo lontong ada cetakannya toh 😀 . Dari bungkusnya ko spt lemang ya. Jadi pengen semuanya 🙂 .

  3. niee August 31, 2013 at 11:49 pm Reply

    Lupisnya menggiurkan.dit.. jaman sekolah dulu sering tuh sarapan lupis.. tapi sekarang udah jarang yang jual 😦

  4. cumilebay.com September 12, 2013 at 3:27 pm Reply

    Dan aku mau lontong sayur medan, jadi inget di masakin temen yg asli melayu medan. Kata nya ini lontong sayur paling enak di indonesia karena pake udang 🙂

  5. Zizy Damanik September 16, 2013 at 7:53 am Reply

    Roti jala itu sedaaaappp..
    Keknya udah lamaaaa kali aku gak makan roti jalalah…

  6. hlga September 17, 2013 at 2:26 am Reply

    lupis itu asalnya dari medan?
    soalnya kalo dirumah dulu saya sering banget makan lupis beli di pasar.
    kalo lontong medan blom pernah kayanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: