Karaoke Massal di Konser Yovie ‘Irreplaceable’ and His Friends Takkan Terganti

Sudah lama saya tahu bahwa musisi favorit yang seluruh karyanya saya suka, Yovie Widianto akan menggelar konser. Setelah tahun lalu sukses dengan konser 25 tahun Kahitna, tahun ini konser dengan tajuk Irreplaceable #TakkanTerganti digelar untuk memeringati 30 tahun doi berkarya.

Tahu kabar ini, langsunglah saya ajak teman gebetan dari media sebelah untuk nonton konser Yovie ini. Saya berharap, temannya itu mau ikut nonton bareng. Jadi kan, punya kesempatan untuk sing a long bareng gitu. Untuk konser musisi yang saya idolakan, saya berusaha untuk membeli tiketnya, enggak kepikiran untuk ikutan quiz di Twitter. Berhubung saya menunggu kepastian dari tetangga sebelah, niatan untuk beli tiket diundur. Sampai pada akhirnya, dia bilang nggak bisa, dan sayanya fokus ke kerjaan dan liputan, sampai pada akhirnya mau beli tiket, tiketnya sudah ludes. Amsyong! Masa ketiban sial beruntun gitu. Ish..

Saya carilah tiket ini ke sana ke mari. Ngubungin setiap nomor yang mampir ke mensyen Twitter saya, memberitahu ada yang jual tiketnya. Tapi mendadak stres, yang dijual tiket VIP dan VVIP semua. Idola sih, idola. Tapi, kalau harus beli tiket yang harganya jutaan, mikir dulu kali, booowwww. Saya niatnya mau beli yang festival atau Tribune 1B. Sekalinya ada yang jual, mahal gila.

Singkat cerita, itu tuh, @PlasaMSN ngadain quiz berhadiah tiket konser ini. Ibarat menjilat kembali ludah yang sudah saya buang, saya akhirnya ikutan quiz itu. Hasil akhirnya, saya menang lagi. Horay! Dapatnya, tiket Tribune 1B. Yeay!

Konser dimulai kalau dilihat dari undangan sih, jam 8 malam. Tapi ya, Indonesia mana ada yang ontime sih? Ujung-ujungnya juga ngaret. Benerrr. Konser ini baru dimulai sekitar jam 8.30 malam.

Begitu tirai putih diturunkan, terlihatlah si om-om kece ini duduk manis di belakang pianonya mengiringi anak didiknya 5 Romeo membawakan lagu pembuka. Dan, ya, saya baru ngeuh ada vokal grup cowok bernama 5 Romeo. He he he …

Pembuka oleh 5 Romeo (via: Suara Merdeka)

Setelah itu, si om ini menceritakan masa lalunya yang hampir tidak diberikan izin bermusik oleh kedua orangtuanya, memiliki rekan kerja yang sama, dan manajer serta tukang kabel yang sama selama 30 tahun. Dari ceritanya itu, dapat ditarik kesimpulan, bahwa konsisten dan setia memang dua hal yang dipertahankan olehnya selama ia berkarir. Dan itu patut ditiru. Camkan itu!

Basa basi usai, tibalah waktunya galau dan karaoke berjamaah. Setelah 5 Romeo, giliran brondong di Kahitna, Mario Ginanjar, membawakan lagu ‘Terlalu Cinta’ milik Rossa. Dari awal lagu, suara-suara penonton untuk nyanyi bareng sudah mulai terdengar. Kelihatannya, 4.500 mulut penonton yang hadir di JCC enggak kuat lama-lama untuk diam. Maunya itu nyanyi. Eh, benar. Begitu Mario sodorin mic ke penonton pas bagian reff, karaoke massal sesungguhnya dimulai. Terdengarlah ‘Tuhan, maafkan diri ini.. Yang tak pernah bisa, menjauh dari angan tentangnya. Namun, apalah daya ini. Bila ternyata, sesungguhnya, aku terlalu cinta dia’.

Mario Ginanjar (via: She News)

Lagu selanjutnya, adalah lagu Kahitna berjudul ‘Katakan Saja’ yang dibawakan Marcel dan Mario. Ya, seperti biasa, suara ribuan penonton kembali terdengar, dan tak dapat terbendung.

Dalam konser yang berlangsung selama 3 jam, Yovie memang menggeber semua lagu-lagu andalannya. Semua lagu yang memiliki cerita dan kenangannya tersendiri. Dan hampir di semua lagu, tidak ada penonton yang tidak ikut bernyanyi, termasuk saya. Bahkan Yovie ngomong, ‘Saya pengiringnya, kalian penyanyinya. Penyanyi sesungguhnya, cuma backing vocal,’ πŸ˜†

Selain Mario dan Marcel, Rio Febrian pun ambil bagian dalam konser itu. Ia menyumbangkan suara, dengan membawakan lagu berjudul ‘Bukan Untukku’. Setelah Rio, ada trio RAN yang membawakan tembang ‘Tentang Diriku’ dan ‘Andai Dia Tahu’. Lalu, muncullah satu-satunya band, Alexa yang membawakan ‘Suratku’ milik Heidy Yunus.

Bosan dengan penyanyi cowok melulu, akhirnya si om kece itu mengeluarkan si mungil Andien melantunkan tembang yang pernah dipopulerkan Rossa dan Marcell, ‘Hati Tak Ingin Tak Terpisah’. Yang mulanya posisi Andien ada di bagian atas, di lagu selanjutnya ia turun ke bawah untuk berduet dengan penyanyi idola saya, Raisa. Yeay! Raisa muncul jugaaaa. Keduanya membawakan ‘Dia Milikku’. Di lagu ini, kedua biduwanita itu cerita memperebutkan Yovie gitu, deh. Sayang, Raisa kurang genit dan kurang nakal dari Andien pas adegan memperebutkan Yovie. Raisa memang gadis soleha!

Raisa dan Andien (via: Metro TV)

Zaman FTV di SCTV masih 1 judul punya 5 episode, sering banget lagu ‘Kekasih Sejati’ milik Yovie dinyanyikan Monita dipakai. Di konser itu, lagu tersebut dibawakan Raisa. Dan Raisa sedikit tersipu malu, dengan muka memerah, tapi keunyuan bertambah maksimal, waktu ditanya sama Yovie ‘Apakah kamu punya kekasih sejati?’. Aih, matik. Apalagi, pas Raisa membawakan ‘Mantan Terindah’. Aduh, Raisa cantiknya kok kebangetan. Kasihan cewek-cewek lain. Suaranya juga lho.. Aduh!

Yang dinanti akhirnya muncul, Kahitna. Grup band idola saya ini membawakan lagu milik Yovie and Nuno yang berjudul ‘Bunga Jiwaku’. Ya, satu per satu akhirnya muncullah. Dikta, 5 Romeo, sampai Sharon ‘Corrs’ dan Rick Price, satu per satu bergantian sumbang suara.

Uniknya, pas bagian Sharon dan Rick Price. Ketahuan banget jomplang perbedaan usianya. Pas Sharon membawakan So Young, Yes We Can (feat Andien), dan Radio, rata-rata angkatan 90-an yang karaokean bareng. Angkatan 2000-an, diem saja. Itu terjadi di Tribune 1 B. Anak-anak SMA dan saya tahu pas mau masuk antre bareng mereka, merekanya diam saja gitu. Apalagi, waktu Rick Price nyanyi bareng Kahitna dengan Heaven Knows. Ha ha ha..

Sharon dan Andien (via: Tempo.co.id)

Rick Price feat Kahitna (via: Viva.co.id)

 

Secara keseluruhan, saya sangat terhibur dengan apa yang disajikan malam itu. Tidak hanya nyanyi saja, penonton pun dihibur sama banyolan para pengisi acaranya. Di satu segmen, Marcel, Rio Febrian, Hedy Yunus, dan Mario berhasil mengocok perut penonton dengan candaan mereka. Aslik, enggak garing. Candaannya sih, lebih kepada bongkar masa lalu si om saja, yang memiliki kenangan hidup dengan lagu yang diciptakannya. Suasana konser jadi terasa akrab saja gitu.

Nah, ada juga satu segmen di mana kejeniusan seorang Yovie dalam bermusik dipertaruhkan. Ia ditantang untuk menciptakan lagu dalam waktu 5 menit. Rio dan Mario meminta kepada penonton untuk memberikan tiga nada dasar, dan tiga kata untuk dibuatkan lagu oleh Yovie. Akhirnya, terpilih 3 nada dasar ‘Do, Si, dan La’. Salah satu penyumbang nada itu, kalau enggak salah hot mama Indonesia, Masayu Anastasia yang naik ke atas panggung. Lalu, tiga kata terpilih adalah ‘Sakit’, ‘Melayang’, dan ‘Janda’ sumbangan dari duo Titi, Titi Rajobintang, dan Titi DJ. Lalu, Yovie memilih Rio Febrian dan Marcel untuk menyanyikan lagu baru itu.

Setelah berdiskusi singkat di belakang panggung, dan terlihat jelas oleh penonton apa yang dikerjakan ketiganya, jadilah sebuah lagu sederhana dengan lirik nan indah, yang intinya itu Yovie banget, deh. Lagunya jadi begini “Melayangku denganmu, oh sakitnya, mungkin aku dulu tak sebaik saat ini. Kini engkau sendiri, mereka bilang kau janda, namun hatiku ini temanimu,”

Tapi, tapi, ada beberapa poin minus konser Yovie dari saya. Pertama, menurut saya, Andien kurang pas membawakan lagu pertamanya itu. Kenapa, itu terlalu ngepop buat Andien, dan saat itu, terdengar di saya terlalu kejar-kejaran. Kedua, Alexa membawakan ‘Suratku’ dengan lebih up beat sangat disayangkan banyak pihak (penonton -red). Asli, hancur banget. Kesan romantisnya itu enggak dapat sama sekali. Padahal, banyak penonton yang mau nyanyi bareng lagu ini. Kekecawaan ini saya dapati di bangu Tribune 1B. Banyak yang ngeluh, pas tahu Alexa membawakan lagu itu.

Dan yang terakhir, sound di beberapa lagu kurang maksimal. Bahkan ada yang berdenguk selama beberapa detik, dan itu mengganggu.

Meski begitu, saya tetap senang dan bahagia dapat menyaksikan konser 30 tahun perjalan bermusik Yovie Widianto. Namanya juga manusia, ya. Lagian, kesalahnnya enggak banyak kok. Pokoknya, selamat berkarya terus buat Yovie dan teman-teman. Ditunggu karya-karya abadi selanjutnya. Kalau ngundang Yovie dan Kahitna untuk nyanyi di acara pernikahan berapa, ya, kira-kira? πŸ˜†

Oia, terimakasih juga @PlasaMSN. Terimakasih, telah mewujudkan mimpi sederhana saya ini. Guys, buruan follow @PlasaMSN. Banyak quiz yang hadiahnya seru-seru.

Advertisements

Tagged: , , , ,

20 thoughts on “Karaoke Massal di Konser Yovie ‘Irreplaceable’ and His Friends Takkan Terganti

  1. saifulmuhajir September 29, 2013 at 10:22 am Reply

    Aku tadi menyangka Yovie itu sudah 30 tahun jadi musisi. Aku jadi merasa muda. :))

    • Adiitoo October 2, 2013 at 8:54 am Reply

      kamu memang selalu muda, kayaknya Mas.

  2. Nella September 29, 2013 at 7:29 pm Reply

    Dit ga ada foto-fotonya nih? ngarep.com hehe.

    • Adiitoo October 2, 2013 at 8:54 am Reply

      Itu, sudah ada, mbak πŸ™‚

  3. Budi Majid September 30, 2013 at 2:42 am Reply

    Wow…meriah sekali acaranya, rasa lelah jadi hilang tergantikan kepuasan menonton konser πŸ™‚

    • Adiitoo October 2, 2013 at 8:55 am Reply

      Benar banget itu, Mas Budi

  4. giewahyudi September 30, 2013 at 3:13 am Reply

    Seperti dalam perkiraanku, kamu aslinya pengen nonton Raisa, bukan Yovie-nya. πŸ™‚

    • Adiitoo October 2, 2013 at 8:55 am Reply

      Aku pengen nonton Yovienya. Bonus Raisa πŸ˜†

  5. lindaleenk September 30, 2013 at 3:19 am Reply

    Dit, typomu banyak
    Review kamu ttg penampilan Raisa subyektif ih :p

    • Adiitoo October 2, 2013 at 8:55 am Reply

      Kamu perhatian sekali denganku. *peluk*

  6. oelpha September 30, 2013 at 5:52 am Reply

    AKU IRI!

    udah gitu aja.

  7. Zizy Damanik September 30, 2013 at 7:58 am Reply

    Yovie memang keren, Dit…
    Penyanyi-2 lainnya pun bukan main kerennya…

    • Adiitoo October 2, 2013 at 8:56 am Reply

      Undang mereka lagi, Kak.

  8. Billy Koesoemadinata September 30, 2013 at 9:03 am Reply

    AAAAKKK!! Kalo tau Andien bakal perform, diriku juga nonton deh.. *hiks hiks*

    • Adiitoo October 2, 2013 at 8:57 am Reply

      Ga usah, ah. Buatku saja.

  9. jardness September 30, 2013 at 9:35 am Reply

    datang meninggalkan tapak..

    udah.. gitu aja deh =P

  10. niee October 5, 2013 at 11:03 am Reply

    Dit.. kalau acara nikahnya ngundang yovie jangan lupa ngundang aku!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: