Monthly Archives: November 2014

Tempat Makan yang Harus Disinggahi Selama di Surabaya

Jalan-jalan ke mana pun itu, termasuk ke Surabaya, kurang afdol kalau belum kulineran. Nah, waktu ke Surabaya tempo hari, setidaknya ada tiga tempat makan yang saya singgahi (semuanya dibayarin Michael, saya dan Helmi tinggal ongkang-ongkang kaki). Berikut daftarnya !

1. Zangrandi Es Cream

Jika di Jakarta ada Ragusa, di Surabaya juga ada warung es krim yang cukup melegenda, yaitu Zangrandi. Menurut informasi yang saya terima dari banyak sumber, warung es krim yang menjadi tempat nongkrong arek-arek Suroboyo ini sudah berdiri sejak 1930 (pas banget Isya. Oke, ini garing!). Dan sampai detik ini, masih mempertahankan cita rasa yang sudah ada.

Melihat kota Surabaya yang panasnya-nggak-ada-yang-ngalahin, cocok rasanya sehabis mengunjungi Monumen Kapal Selam kami dibawa ke sini sama Mich.

Warung Es Krim Zangrandi

Es Krimnya

Tempatnya lebih luas dari Ragusa. Untuk pilihan menu, hampir samalah. Ada banana, ada noodle ice cream, dan es krim lainnya yang sejenis. Soal rasa, hmmmmmmm… cukup enaklah. Dinginnya pas!

Paling yang rada malesin dari tempat ini ada pelayannya yang lama banget. Semacam tahu kalau warung es krimnya nggak mungkin sepi, pelayannya pun sedikit songong. *toyor*

Jalan Yos Sudarso Nomor 15, Genteng, Surabaya.
(*Jika bingung, tempat ini diapit oleh Hotel Garden Palace dan Bank Mega.)
Beroperasi mulai 10.00 sampai 22.00 WIB.

2. Restoran Layar

Di Medan ada Nelayan, di Surabaya ada Layar. Apakah saling berhubungan? Enggak juga. Di Nelayan ada pancake durian, di Layar enggak ada! :p

Sebagai kota dengan kekayaan alam bawah laut yang melimpah, seharusnya Surabaya memiliki banyak restoran berkonsep market seafood seperti restoran Layar. Di sini, kita dapat mengetahui apakah hewan laut yang akan disantap dalam keadaan segar atau tidak, karena semua hewan-hewan itu dipajang di depan restoran dan dapat dipilih oleh pengunjung untuk dimasak.

Restoran Layar ini ramai banget. Asli. Melihat pegawainya yang super sibuk, bikin saya gerah sendiri. Saya pun berandai-andai bila saja restoran Layar itu adalah kepunyaan saya, pasti sekarang ini saya sudah tidak jomblo lagi :p

Restoran Seafood Layar

Kepitinh Asoka dan Otak-otak

Udangnya :9

Kangkung Terasi

Rasa dari keseluruhan makanan yang dipesan waktu itu enak-enak banget. Pelayannya juga cekatan. Yang saya suka dari restoran Layar ini adalah taplak mejanya, berupa plastik panjang yang sesudah tamu selesai makan tinggal ditarik dan dibuang. Nggak perlu tuh repot-repot dilap.

Juara umum dari keseluruhan makanan itu adalah kepiting soka telur asin (kalau tidak salah, itu sih namanya).

Alamat: Jalan Abdul Wahab Siamin Nomor 109, Surabaya, Jawa Timur, 60225.
Telepon: (031) 5683716.
Beroperasi dari: 11.00 sampai 22.00 WIB

3. Rawon Kalkulator

Ada yang menyebutnya Sedap Malam Kalkulator, dan ada pula yang menyebutnya Rawon Kalkulator. Bagi saya, apa pun itu namanya tidak masalah, yang penting rasanya enak.

Tahu peristiwa si Ibu Walikota marah-marah karena Taman Bungkul dirusak saat acara bagi-bagi es krim? Nah, lokasi rawon kalkulator ini berada dekat-dekat situ.

Sebenarnya, rawon dan soto di warung makan milik Haji Ajib ini biasa saja, samalah kayak rawon dan soto pada umumnya. Satu porsi berisikan 5 sampai 6 potong daging empuk, ada hati ampela, ada tambahan-tambahan lain. Seporsi dibandrol Rp 15.000.

Yang bikin tempat ini kian tersohor, karena pelayannya tidak membutuhkan mesin penghitung untuk menjumlah berapa rupiah yang harus dikeluarkan para pengunjung.

Bener, sih, si bapak ngitung aja gitu tanpa kalkulator atau sempoa. Karena penasaran, isenglah saya ngetes si bapak untuk kedua kalinya. Hasilnya beda-beda, sih, tapi mendekati. Hehehehe :p

Rawon Kalkulator

Advertisements